Quiz 1


1.      Penjelasan Dari Teknologi Input dan Output
1. DVORAK dan QWERTY

DVORAK
Teknologi ini diciptakan pada tahun 1936. Keyboard DVORAK diciptakan berdasarkan prinsip biomekanis dan efisiensi. Susunan letak tombol huruf lain dengan jenis qwerty yaitu dibuat sedemikian rupa , sehingga 56% ketukan ada pada tangan kanan dan jari-jari bekerja lebih banyak adalah jari telunjuk, jari tengah dan jari manis. Huruf-huruf yang ada pada baris tengah lebih sering diketuk kira-kira sampai 70% dan perpindahan antar baris hanya sekitar 10% sehingga kelelahan jari-jari akan banyak berkurang. Walaupun keyboard jenis Dvorak sudah lebih baik daripada jenis Qwerty akan tetapi karena kalah duluan dalam pemasarannya dengan jenis Qwerty dan kalaupun harus diganti dengan jenis Dvorak , maka butuh pelatihan baru dan ini berarti biaya tambahan yang harus disangga oleh Perusahaan pembuat keyboard Dvorak. Kemungkinan untuk laku menggantikan keyboard yang sudah ada belum dapat dipastikan sehingga keyboard jenis lama (Qwerty) masih tetap digunakan.

QWERTY

Konon katanya teknologi QWERTY sudah diciptakan pada tahun 1860an. Namun, ada juga sumber yang mengatakan bahwa sejarah teknologi ini bermula dari mesin tik pada tahun 1873. Salah satu pemilik mesin tik bernama Christopher Latham Sholes mencoba untuk memperbaiki kinerja mesin tik nya agar bekerja lebih cepat dan efisien. Karena susunan awalnya mesin ini bukanlah berteknologi QWERTY dan juga mesin itu seringkali mengalami macet karena huruf-huruf yang disusun berdekatan.
Karena mesinnya sering macet maka Christopher Latham Sholes ini menyusun rangkaian huruf di papan ketik mesinnya menjadi susunan QWERTY pada baris pertama. Dan pada tahun 1874 jadilah sebuah mesin tik komersial pertama dengan nama Remington yang memakai susunan huruf QWERTY. Susunannya terbagi dalam empat baris, baris teratas berupa “23456789-”, baris kedua “QWE.TYIUOP”, baris ketiga “XDFGHJKLM”, dan baris terbawah “AX&CVBN?;R”.
QWERTY sebenarnya mempunyai beberapa kelemahan seperti membuat tangan kiri terutama kelingking kita overload terutama saat kita menulis dalam bahasa Inggris maupun Indonesia. Penelitian membuktikan bahwa distribusi huruf tidak merata sehingga jari kita harus menyeberang dari baris ke baris. Namun sayangnya, orang-orang saat ini enggan berpaling dari teknologi qwerty walaupun mereka tahu kalau teknologi ini bukanlah design teknologi terbaik. QWERTY juga dinobatkan menjadi standar internasional pada tahun 1966.


2. OCR, DMR, OpScan
OCR
OCR adalah sebuah sistem komputer yang dapat membaca huruf, baik yang berasal dari sebuah pencetak  (printer atau mesin ketik) maupun yang berasal dari tulisan tangan. Adanya sistem pengenal huruf ini akan meningkatkan fleksibilitas ataupun kemampuan dan kecerdasan system komputer. Dengan adanya sistem OCR maka user dapat lebih leluasa memasukkan data karena user tidak harus memakai papan ketik tetapi bias menggunakan pena elektronik untuk menulis sebagaimana user menulis di kertas. Adanya OCR juga akan memudahkan penanganan pekerjaan yang memakai input tulisan seperti penyortiran surat di kantor pos, pemasukan data buku di perpustakaan, dll.

Sumber : http://tempepedot.blogspot.com/2010/02/software-yang-mampu-melakukan-ocr.html

DMR
DMR atau Digitak Mark Reader adalah sebuah teknologi scanner yang biasa digunakan untuk pemeriksaan dokumen ujian, kuisioner dan entri data. DMR pun terbagai menjadi dua, yaitu DMR Editor (untuk membuat LJK) dan DMR Extractor (untuk memproses LJK).
OpScan
Opscan merupakanscanner khusus yang menggunakan teknologi OMR (Optical Mark Reader). Alat ini akan membaca tanda-tanda yang terdapat pada lembar jawaban komputer (LJK) yang biasa menggunakan pensil 2B untuk menandai jawaban. OpScan merupakan perangkat Scanner yang telah lama digunakan terutama untuk proses pemeriksaan hasil Try Out/Ujian Sekolah/Penerimaan Mahasiswa Baru/CPNS yang telah berlangsung selama ini. Hasil yang didapatkan dari scanner ini bisa menghasilkan tingkat akurasi yang sangat tinggi sehingga menjadikan perangkat ini populer di kalangan dunia pendidikan. Saat ini OpScan tidak digunakan panitia Perguruan Tinggi saja tapi sudah meluas ke kalangan lainnya seperti Bimbingan belajar, Sekolah Umum dan Instansi Pemerintahan.

Sumber : http://qpc-center01.blogspot.com/2010/01/seputar-ljk-dan-opscan-mengapa-harus.html

3. OMR

Optical Mark Reader (OMR) adalah perangkat "membaca" tanda pensil di scan kompatibel NCS bentuk seperti survei atau jawaban tes bentuk. Jika itu semua tampaknya terlalu teknis kepada Anda, anggap saja ini sebagai mesin yang memeriksa bentuk pilihan ganda komputer. Dalam dokumen ini The Optical Mark Reader akan disebut sebagai pemindai atau OMR. Bentuk tes komputer yang dirancang untuk OMR NCS dikenal sebagai bentuk scan yang kompatibel. Tes dan survei selesai pada bentuk ini dibaca oleh pemindai, diperiksa, dan hasilnya disimpan ke sebuah file. Data ini dapat dikonversi menjadi output file dari beberapa format yang berbeda, tergantung pada jenis output yang Anda inginkan.


Beberapa perangkat OMR menggunakan bentuk-bentuk yang dicetak ke 'transoptic' kertas dan mengukur jumlah cahaya yang melewati kertas, dengan demikian suatu tanda di kedua sisi kertas akan mengurangi jumlah sinar yang melewati kertas.
Sumber : http://shielsykebongce.blogspot.com/2010/02/omr-dan-ocr.html

4. MICR
 
MICR singkatan dari Magnetic Ink Character Recognition adalah teknologi untuk memfasilitasi pemroresan cek dan membentuk nomor routing dan nomor rekening di bawah cek. Teknologi ini biasa di gunakan oleh industri perbankan. Teknologi ini dibuat untuk memungkinkan komputer untuk membaca informasi (nomor rekening) dari dokumen di cetak. Teknologi MICR ini dibuat khusus dalam tiprogafi khusus dan tinta magnetik atau toner, yang biasanya mengandung oksidasi besi.

5. RFID

RFID (Radio Frequency Indetification) adalah teknologi identifikasi berbasis gelombang radio. Teknologi ini mampu mengidentifikasi berbagai objek secara simultan tanpa diperlukan kontak langsung (atau dalam jarak pendek). RFID dikembangkan sebagai pengganti atau penerus teknologi barcode. Implementasi RFID secara efektif digunakan pada lingkungan manufaktur atau industri dimana diperluka akurasi dan kecepatan identifikasi objek dalam jumlah yang besar serta berada di area yang luas. RFID bekerja pada HF pada jarak dekat (proximity) dan bekerja pada UHF pada jarak jauh (vicinity).

Sumber : http://wearedifferent.blogdetik.com/2009/04/05/teknologi-rfid/

6. ASR
ASR atau Automatic Send and Receive adalah suatu teknologi kemampuan peralatan untuk menerima dan mengirim data tanpa bantuan manusia.

7. CCD
Charge-Soupled Device adalah sebuah sensor untuk merekam gambar, terdiri dari sirkuit terintegrasi berisi larikan kodensator yang berhubungan atau berpasangan dan setiap kondensator dapat menyalurkan aliran listrik ke kondensator lainnya.

CGA
CGA atau Color Graphics Adapter adalah kartu grafik berwarna yang pertama kali di keluarkan oleh IBM pada tahun 1981 sebagai standar tampilan komputer pertama untuk IBM PC. CGA ini hanya terdiri dari 4 warna dan kartu grafik ini di lengkapi memori video sebanyak 16kb (kapasitas yg sangat sedikit).
EGA
EGA atau Enhanced Graphics Adapter sama seperti CGA tadi namun EGA ini memiliki warna yg lebih banyak yaitu 16 warna. EGA ini muncul 3 tahun setelah keluarnya CGA yaitu pada tahun 1984.
VGA
VGA atau Video Graphics Adapter adalah standar tampilan komputer analog yang pertama kali di keluarkan oleh IBM pda tahun 1987. VGA ini berfungsi untuk mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor atau juga untuk menerjemahkan output komputer ke monitor.
XGA
XGA atau Extenced Graphics Array adalah resolusi grafis standar tertinggi yang di perkenalkan IBM pada tahun 1990. XGA ini merupakan spesifikasi layar yang mampu menampilkan resolusi 1024x768 dan dengan XGA ini memungkinkan monitor untuk menjadi non-interlaced.
SXGA
SXGA atau Super Extenced Graphics Array adalah sama seperti XGA namun spesifikasi SXGA dapat menampilkan resolusi 1280x1024 atau sekitar 1,3 juta pixel.
UXGA
UXGA atau Ultra Extenced Graphics Array sama seperti XGA dan SXGA namun spesifikasinya lebih besar yaitu dapat menampilkan resolusi 1600x1200 atau sekitar 1,9 juta pixel.


9. Omnidirectional, Unidirectional, Noise Canceling, Echo Canceling
Omnidirectional
Omnidirecional adalah sistem antena yang memancarkan kekuasaan seragam dalam satu pesawat dengan bentuk pola patokan dalam bidang tegak lurus dan memancarkan gelombang ke segala arah. Antena omnidirecional ini biasa digunakan untuk koneksi telepon seluler dan siaran tv juga wifi.
Unidirectional
antena yang pola radiasi pancaranya terarah sehingga efektifitas pancaran radio hanya ke satu arah secara efektif.
Noise Canceling
Suatu teknologi untuk meredam atau meminimaliskan suara atau kebisingan pada saat pengoperasian.
Echo Canceling
Adalah teknologi yang digunakan untuk mengurangi jumlah dari menggema yang dapat terjadi selama berbagai jenis komunikasi radio.

10. THX, DDS, Dts
THX
adalah sebuah sitem audio video yang dapat menghasilkan kualitas video yang sangat baik.
DDS
DDS atau Direct Digital Syntheiszer teknologi yang dapat menghasilkan suara surround digital. Teknologi ini dipakai dalam proses pembuatan dan pembentukan data audio untuk film-film dalam bioskop ataupun film-film dalam kepingan CD/DVD.
Dts
Dts adalah sebuah produk perusahaan yang bergerak dalam bidang audio dan memformat audio untuk Blue-Ray. Dan memproduksi perangkat-perangkat agar dapat memutar Blue-Ray disc.
Pasive Matrix dan Active Matrix
Passive Matrix
Teknologi untuk tampilan warna dan teknologi ini menggunakan kawat yang tersusun horizontal dan vertikal untuk memberi daya pixel. Tetapi tampilan yang memakai teknologi ini tampilan pada layarnya kurang optimal dan kurang terang, biasanya teknologi ini dipakai pada layar handphone.
Active Matrix
Pemanfaatan teknologi TFT (Thin Film Transitor) yang biasanya digunakan pada notebook. Layar TFT menggunakan dan menempatkan transistor ditiap pixel pada layar sehingga mampu dinyalakan dan dimatikan secara individual. Dan mendapat gambar kualitas yang baik.



12. Dotmatrix, bubblejet, deskjet, impact, ink-jet, laser
Dotmatrix
Printer Dot-matrix ini terutama dibutuhkan oleh bidang usaha yang membutuhkan pencetakan rangkap, tidak hanya bukti transaksi, tetapi juga laporan-laporan yang harus dicetak rangkap. Dari pada mencetaknya berulang-ulang yang mengakibatkan biaya operasional printer tinggi dan waktu menjadi terbuang percuma, maka kita dapat menggunakan printer dot-matrix dengan kertas rangkap. Hemat waktu dan hemat biaya (listrik, pita, kertas, dll). Printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Selain dikenal dengan biaya operasionalnya yang murah (murahnya pita printer),   printer dot matrix juga terkenal dengan kemudahan pemeliharaan dan perbaikan. Karena suku cadangnya melimpah dan murah, biaya pemeliharan dan perbaikan juga menjadi murah. Sayangnya fitur utama printer dot matrix ini belum digunakan secara maksimal oleh aplikasi berbasis web. Mungkin para developer beranggapan bahwa printer dot matrix telah ketinggalan jaman dan sudah selayaknya diganti dengan teknologi printer yang terbaru (deskjet, laserjet, bubblejet, dll). Dan lagi para developer menganggap bahwa pencetakan rangkap sudah tidak efisien dan efektif lagi. Bukankah lebih baik untuk keperluan internal, kita cukup melihat di layar monitor saja? Cukuplah preview laporan. Hemat waktu dan kertas. Bahkan kini pencetakan itu pun sudah dianggap tidak relevan lagi. Istilahnya sekarang jamanpaperless-office. Printer dot matrix masih banyak digunakan karena memang terkenal awet. Kelebihan lainnya, pita printer dot matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.

Sumber : http://hargaprinterepson.blogspot.com/2011/11/pengertian-printer-dot-matrix.html
BubbleJet
Printer bubble jet bekerja mencetak tulisan dengan cara memasukkan satu demi satu titik tinta cair ke area tulisan / gambar. Bubble jet adalah brand milik Canon. Printer ini memiliki kecepatan cetak mencapai 22 ppm (peper per menit) untuk monochrome dan 14 ppm untuk warna. Kemampuan cetaknya sudah mencapai 4.800X1.200 dpi (dot per inchi) yang merupakan mutu gambaran yang dicetak di atas kertas dan ukuran kertas mencapai A3+.

Sumber : http://januarsutrisnoyayan.wordpress.com/2008/11/29/printer-bubble-jet/
DeskJet
Printer jenis ini menggunakan semprotan tinta untuk menghasilkan suatu cetakan.

Sumber : http://kangmoes.com/artikel-tips-trik-ide-menarik-kreatif.definisi/printer.html
Impact

Printer ini sering juga disebut hammer, karena pencetakan dilakukan dengan memukulkan sekelompok pin (jarum) ke pita tinta. Letak pin-pin ini sangat berdekatan sehingga membuat tampilan huruf relatif tidak terputus. Jumlah pin yang ada sekitar 9 hingga 24 pin. Semakin banyak jumlah pin, maka hasil cetakan akan labih halus, sekalipun tak sehalus hasil cetakan kalaw menggunakan printer ink-jet ataupun laser. Selain itu, priter jenis ini seringkali berisik.

Sumber : http://deden06sttg.wordpress.com/2008/07/14/makalah-printer/
Ink-Jet
Perkembangan teknologi Inkjet memperluas pilihan printer personal, teknologi inkjet berkembang lebih cepat dibandingkan dengan teknologi jenis printer lainnya. Hal ini dibuktikandengan lebih seringnya muncul printer inkjet dibandingkan dengan printer lain. Teknologi inkjetmasih memberikan peluang perkembangan yang lebih luas, seperti peningkatan kecepatan, warnadengan resolusi yang tinggi, sehingga printer inkjet identik dengan printer personal mungkin perlu dikoreksi. Printer inkjet digunakan untuk jaringan, namun sementara printer personaldidominasi oleh printer inkjet.Perkembangan printer inkjet telah memberikan pengaruh besar dikalangan pemakaian printer  personal. Orang berbondong-bondong lari ke teknologi printer inkjet karena dengan printer inkjet pemakai memang bisa mendapat semaksimal mungkin kualitas yang baik dalam mencetak warna, dan harga juga terjangkau. Printer inkjet juga memiliki kemampuan-kemampuan baru,seperti kemampuan mencetak diatas berbagai ukuran dan media (kertas, kartu, T-shirt).

Sumber : http://www.scribd.com/doc/46695908/Inkjet-Printer
Laser
Sebagian dari mesin printer laser menyerupai mesin photo copy. Dengan daya cetak yang cukup banyak yang dapat mencapi lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak  printer laser jet pun sangat bagus, sehingga mirip dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepatkering, tetapi harga printer jenis ini cukup tinggi. Anggapan bahwa printer laser indentik dengan printer workgroup (jaringan). Namun, dapat juga digunakan untuk pemakaian personal

Sumber : http://www.scribd.com/doc/46695908/Inkjet-Printer


EL
EL atau Electroluminescent Monitor electroluminescent (EL) mengandung bahan yang bercahaya manakala dialiri arus listrik. Sebuah piksel terbentuk pada layar saat arus listrik dikirim ke perpotongan baris dan kolom yang sesuai.

Sumber : http://deden06sttg.wordpress.com/2008/07/14/makalah-monitor/
Plasma
Monitor Plasma merupakan jenis monitor yang menggabungkan teknologi CRT dengan LCD. Dengan teknologi yang dihasilkan, mampu membuat layar dengan ketipisan menyerupai LCD dan sudut pandang yang dapat slebar CRT. Plasma adalah sebuah layar datar emisif dimana cahaya dihasilkan oleh fosfor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar. Gas yang dilepaskn tidak melepaskan merkuri.

Monitor plasma atau dikenal juga dengan Panel Display Plasma (PDP) memanfaatkan tegangan eksternal untuk menyebabkan pelepasan gas di dalam panel untuk menghasilkan sinar ultraviolet yang akan memperoses warna-warna Merah, Hijau, dan Biru. Kualitas gambar yang dihasilkan oleh televisi plasma sangat maksimal. Monitor plasma menggunakan warna penuh panel datar fosfor untuk menampilkan gambar-gambar. Ia dikenal karena kombinasi dan reproduksi warnanya yang sangat baik dan interaktif.

Sumber : http://komputer-fix.blogspot.com/2011/04/mengenal-teknologi-monitor-lcd-crt-led.html
CRT
Cathode Ray Tube , Pada monitor jenis CRT, layar penampil menggunakan tabung katoda. Cara kerja dari teknologi ini untuk memunculkan tampilan pada monitor adalah dengan cara memancarkan sinar elektron ke suatu titik di layar. Sinar tersebut akan diperkuat untuk menampilkan sisi terang dan diperlemah untuk sisi gelap.
Teknologi CRT merupakan teknologi termurah dibanding dua jenis monitor lain, yaituLCD dan Plasma Gas. Walaupun begitu, resolusi yang dihasilkan sudah cukup baik untuk berbagai keperluan. Adapun kekurangan dari teknologi CRT adalah diperlukanya teknologi listrik yang cukup besar dan memiliki radiasi elektromagnetik yang cukup kuat.

Sumber : http://mediaonlinenews.com/teknologi/jenis-monitor

2.      Penjelasan Teknologi Processor
Diposkan oleh Putri Erika di 10/29/2012 05.49.00 AM on Senin, 29 Oktober 2012
1. SSE, SSE2, SSE3

SSE
SSE ( Streaming SIMD Extension), merupakan hasil pengembangan dan penyempurnaan dari teknologi MMX. SSE merupakan set pengembangan yang lebih besar dari instruksi SIMD, dengan dukungan floatingpoint 32 bit dan penambahan set register-register vektor 128 bit, yang memudahkan operasi SIMD dan FPU (Floating Point Unit) dalam waktu yang bersamaan. Teknologi SSE diperkenalkan pertama kali pada bulan Februari 1999. Sampai sekarang, sebagian besar prosesor modern dilengkapi teknologi SSE. Teknologi ini oleh Intel juga dilisensikan ke perusahaan prosesor lainnya, misalnya ke AMD dan Cyrix/VIA. Ke dalam SSE versi pertama, ditambahkan 70 instruksi baru yang digunakan untuk pemrosesan grafik dan suara yang lebih baik daripada yang disediakan oleh instruksi MMX. Selain menambahkan kemampuan kalkulasi pemrosesan MMX yang hanya dapat menangani bilangan integer, SSE juga menambahkan kemampuan kalkulasi terhadap bilangan floating-point, dan menggunakan unit SSE terpisah daripada menggunakan FPU yang sama seperti yang terjadi pada MMX.

SSE2
SSE dikembangkan lagi menjadi SSE2, yang juga mengembangkan instruksi-instruksi MMX sehingga dapat beroperasi pada register XMM 128 bit. Pada saat itu, SSE dan SSE2 merupakan teknologi eksklusif yang hanya terdapat pada prosesor Intel. Teknologi SSE diterapkan pertama kali pada prosesor Intel Pentium III .
SSE3
Intel terus mengembangkan teknologinya, hingga pada tahun 2004, berhasil menciptakan teknologi SSE3yang merupakan perkembangan dari SSE2. SSE3 memiliki 13 tambahan instruksi baru SIMD, atau dengan kata lain SSE3 memiliki 13 instruksi lebih banyak daripada SSE2. Tambahan instruksi baru tersebut digunakan untuk membantu pemrosesan matematika yang kompleks, grafik, proses pengkodean video, serta sinkronisasi thread. Teknologi SSE3 ini diberi nama sandi Prescott New Instruction (PNI), pertama kali diterapkan pada revisi prosesor Prescott (golongan Pentium 4). Pada April 2005, AMD juga mulai mengaplikasikan SSE3 ke dalam prosesornya, yaitu prosesor Athlon 64 revisi E nama core Venice dan San Diego. Selain prosesor tersebut, akhirnya AMD juga mengaplikasikan teknologi SSE3 ke dalam prosesor-prosesor lain yang diproduksi berikutnya. Prosesor-prosesor tersebut antara lain Athlon 64 dan Phenom, Turion 64 X2. SSE3 telah dikembangkan menjadiSSSE3. Teknologi SSSE3 tersebut sudah diterapkan pada prosesor dengan mikroarsitektur Intel Core, misalnya pada prosesor Intel Xeon 5100 series untuk kelas server, dan prosesor Intel Core 2 untuk kelas desktop dan mobile. SSSE3 memiliki tambahan 16 instruksi baru yang bersifat diskrit.



2. 3DNow!
3DNow! adalah nama sebuah teknologi yang dibuat oleh AMD yang berfungsi untuk memperbaiki aspek operasi multimedia, yang akan dipakai pada prosesor produksinya. 3DNow! didesain untuk meningkatkan kemampuan CPU dalam pengolahan/pemrosesan vektor yang diperlukan untuk aplikasi grafik secara intensif. Teknologi 3DNow! merupakan hasil pengembangan dan perbaikan dari set instruksi MMX. Sistem operasi matematik dikembangkan dari integer saja, diperluas dengan peningkatan system penghitunganfloating point. AMD memang memerlukan kalkulasi 3D dalam ruang lingkup floating point. Pada saat itu, prosesor produk AMD, yaitu AMD K6 kurang menarik dibandingkan Pentium II produk Intel, karena prosesor AMD K6 tidak dilengkapi sistem matematikfloating point yang memadai. Set instruksi 3DNow! Yang dikembangkan oleh AMD, berisi 21 instruksi baru yang mendukung operasi floating point SIMD dan mengandung operasi integer SIMD. Set instruksi 3DNow! pertama kali diaplikasikan pada prosesor AMD K6-2, tahun 1998. ketika kebutuhan terhadap tampilan grafik/gambar 3 dimensi sedang populer di masyarakat sebab game-game 3 dimensi ringan maupun berat menggunakan aritmatika floating point.
NXbit

NX bit adalah teknologi yang digunakan oleh prosesor untuk memisahkan sebagian area memori untuk tempat penyimpanan lain, misalnya tempat penyimpanan data. Bagian memori ini diberi tanda (atribut NX) yang berarti hanya dapat digunakan untuk penyimpanan data. Instruksi-instruksi prosesor tidak bisa menempati bagian memori tersebut dan tidak dapat mengeksekusinya. Hal ini merupakan teknik umum yang dikenal dengan sebutan ‘proteksi ruang executable’ (executable space protection). Malware biasanya menyisipkan/menyusupkan kodekodenya ke program-program di ruang/area penyimpanan data, kemudian me-running-nya dari dalam ruang simpan data tadi. Dengan adanya teknologi NX bit, aktivitas malware tadi dapat dicegah atau diantisipasi.

4. PowerNow!

PowerNow! adalah teknologi yang digunakan oleh AMD untuk mengurangai kecepatan kerja prosesor dalam upaya menghemat energi. Teknologi ini biasanya diaplikasipan pada prosesor mobile yang biasa digunakan untuk laptop. Pada saat prosesor dalam kondisiidle atau loading minimal, secara otomatis clock speed dan Vcoreprosesor menurun, yang berakibat kebutuhan atau konsumsi daya listrik menurun sehingga dapat menghemat penggunaan listrik dalam batere, dan laptop dapat bertahan beroperasi lebih lama. Selain itu, tingkat kebisingan kerja dan panas yang ditimbulkan oleh laptop juga akan berkurang, serta dapat memperpanjang umur prosesor. Prosesor-prosesor AMD yang dilengkapi fitur teknologi PowerNow!,antara lain: K6-2+, K6- III+ dan Mobile Athlon 64.


5. Cool'n'Quiet

Cool’n'Quiet adalah teknologi yang digunakan oleh AMD untuk mengurangai kecepatan kerja prosesor dalam upaya untuk menghemat energy listrik. Teknologi ini diterapkan pada prosesor desktop. Oleh AMD, diaplikasikan pertama kali pada prosesor keluarga Athlon 64. Teknologi ini bekerja dengan cara menurunkanclock rate dan voltase prosesor saat prosesor dalam kondisi Idle(menganggur atau ’diam, tidak bekerja’). Penurunan clock rate dan voltase tersebut secara keseluruhan bertujuan untuk mengurangi konsumsi daya yang dipergunakan oleh komputer, serta mengurangi panas yang terutama dihasilkan oleh prosesor dan memperlambat kerja kipas pendingin (cooling fan) agar suara yang ditimbulkan lebih tenang, tidak terlalu bising. Nama sebutan Cool’n'Quietbermakna dingin dan tenang, sesuai dengan kondisi yang didapat akibat penerapan teknologi ini. Prosesor-prosesor AMD yang dilengkapi fitur teknologi Cool’n'Quiet antara lain: seluruh modelAthlon 64 & X2, seluruh versi Phenom, Athlon 64 FX-FX-53 (Socket 939), dan lain-lain.

Hyper-Threading
Intel Hyper-Threading Technology merupakan sebuah teknologi mikroprosesor yang diciptakan oleh Intel Corporation pada beberapa prosesor dengan arsitektur Intel NetBurst dan Core, semacam Intel Pentium 4, Pentium D,Xeon, dan Core 2. Teknologi ini diperkenalkan pada bulan Maret 2002 dan mulanya hanya diperkenalkan pada prosesor Xeon (Prestonia).

Prosesor dengan teknologi ini akan dilihat oleh sistem operasiyang mendukung banyak prosesor seperti Windows NT,Windows 2000, Windows XP Professional, Windows Vista, dan GNU/Linux sebagai dua buah prosesor, meski secara fisik hanya tersedia satu prosesor. Dengan dua buah prosesor dikenali oleh sistem operasi, maka kerja sistem dalam melakukan eksekusi setiap thread pun akan lebih efisien, karena meskipun sistem-sistem operasi tersebut bersifatmultitasking, sistem-sistem operasi tersebut melakukan eksekusi terhadap proses secara sekuensial (berurutan), dengan sebuah algoritma antrean yang disebut dengandispatching algorithm.

7. Dual-Core
Teknologi dual core mengacu pada dua individumikroprosesor pada chip die cast tunggal. Ini pada dasarnya adalah dua pemrosesan komputer unit (CPU) dalam satu. Keuntungan dari jenis ini chip adalah bahwa tugas dapat dilaksanakan di sungai paralel, mengurangi waktu proses. Hal ini disebut sebagai benang-level parallelism (TLP).TLP juga mungkin pada motherboard yang dapat menampung dua terpisah CPU meninggal. Ketika TLP dicapai dalam satu CPU melalui teknologi dual core, hal itu disebut chip-level multiprocessing (CLM).Dalam CPU dengan lebih dari satu inti, masing-masingmikroprosesor umumnya memiliki sendiri on-board cache, yang dikenal sebagai Level 1 (L1) cache. L1 cache secara signifikan meningkatkan kinerja sistem, karena jauh lebih cepat untuk mengakses on-chip cache yang menggunakan random akses memori (RAM). L1 cache diakses pada kecepatan mikroprosesor.Chip dual core juga sering fitur cache yang dibagi sekunder pada CPU, yang dikenal sebagai Level 2 (L2) cache. Motherboard juga mungkin memiliki chip cache yang ditunjuk sebagai Level 3 (L3) cache. Sementara lebih cepat dari RAM,cache L3 cache yang lebih lambat dari yang dibangun ke dalam chip.Teknologi dual core memiliki keunggulan dibandingkan teknologi ganda atau twin-core-core. Istilah-istilah yang terakhir merujuk pada dua CPU independen diinstal pada samamotherboard . Chip dual core mengambil kurang nyata estatepada motherboard, memiliki koherensi cache yang lebih besar, dan mengkonsumsi daya kurang dari dua CPU independen. Namun, teknologi ini juga memiliki kekurangan.

8. SpeedStep
 Teknologi Speedstep adalah fitur yang mengurangi konsumsi daya prosesor dengan menurunkan frekuensi operasi dan tegangan inti ketika sistem komputer mobile beroperasi pada daya baterai. Ketika sistem komputer terhubung ke AC, CPU berjalan dalam mode frekuensi tinggi - ini adalah modus operasi standar dari CPU yang memberikan kinerja maksimal. Ketika mobile PC beralih ke daya baterai CPU secara otomatis beralih ke modus frekuensi rendah, juga disebut baterai dioptimalkan modus. Dalam mode ini CPU berjalan pada frekuensi yang lebih rendah dan tegangan inti yang lebih rendah. Ketika performa maksimal diperlukan, pengguna dapat menginstruksikan CPU untuk beralih kembali ke modus frekuensi tinggi. Versi yang lebih baik dari teknologi SpeedStep, yang disebutteknologi Enhanced SpeedStep , memungkinkan CPU untuk beralih secara otomatis antara mode rendah dan frekuensi tinggi ketika sistem bekerja pada daya baterai. Teknologi SpeedStep dilaksanakan di mikroprosesor Intel.

9. Hyper Transport
HyperTransport adalah protokol hubungan antara CPU dan periferal, dan antara-CPU itu sendiri dalam sistem prosesor banyak (multi-prosesor). Itu mengijinkan pertukaran berlatensi rendah, yang membuatnya sangat relevan bagi komunikasi CPU. Itu menggunakan sebuah jalur selebar 16 bit pada kecepatan 800 MHz, dan sebuah sistem nilai penggandaan data, yang mengijinkan hal itu untuk mencapai bandwidth puncak 3,2 GB.  HyperTransport direncanakan digunakan dengan peralatan PCI-X baru.
MMX

MMX adalah merk dagang Intel, yang mengandung pengertian atas peningkatan prosesor dalam kompresi & dekompresi video, manipulasi gambar, enkripsi, pemrosesan Input/Output. MMX merupakan sebuah perluasan instruksi mikroprosesor yang membantu proses perhitungan pada beberapa aplikasi, yaitu aplikasi multimedia, game, editor gambar dua dimensi, kompresi/dekompresi, enkripsi, dan aplikasi lainnya. AMD mengadopsinya untuk dimasukkan ke dalam prosesor produk berikutnya. instruksi SIMD. Dengan penerapan SIMD, memungkinkan chip prosesor mengeksekusi perintahperintah yang berulang-ulang atau yang paralel secara cepat, terutama ketika prosesor menjalankan perintah yang berhubungan dengan video, audio, grafik, dan animasi. Secara teknis, dalam rancangan teknologi MMX ini, Intel menambahkan delapan register baru ke dalam arsitektur prosesornya. Register tersebut adalah MM0 hingga MM7. Kenyataannya, register baru ini adalah nama lain dari stack registerFPU x87 yang sudah ada. Set-set instruksi umumnya terdiri satu set penuh dari instruksi-instruksi vektor, seperti perkalian, invers, dan lainnya. Hal ini sangat berguna, khususnya untuk pemrosesan grafik tiga dimensi. Akhirnya, AMD mengembangkan teknologi baru yang sejenis untuk menyaingi teknologi hasil karya Intel tadi. Teknologi baru AMD tersebut.

Sumber :
http://www.wisegeek.com/what-is-dual-core-technology.htm
3.      Jelaskan type BUS pada Personal Computer  di bawah ini :

1.      ISA
2.      EISA
3.      VL-BUS
4.      PCI
5.      AGP
6.      FireWire
7.      USB
8.      PCI- Express

              JAWABAN :
       
1. ISA

- ISA Adalah sebuah teknologi antar muka yang menghubungkan perangkat komputer yang sudah ditinggalkan dan komputer yang menggunakan ISA yaitu modem dan sound card , teknologi ini lebih lambat dari PCI dan motherboad yang sekarang dalam waktu dekat ini memiliki dua atau satu apa tidak sama sekali slot ISA.

2. EISA

-  Extended Industry Standard Architecthur yaitu arsitektur yang standar yang di kembangkan oleh perusahaan terbesar yaitu compac, ASt, Zenith dan lain- lain buat standarisasi operasi 32 bit.

3. VL-BUS

- Vesa Local BUS Merupakan jalur yang dibuat untuk menyesuaikan kecepatan mikroprosesor di dalam komputer.

4. PCI

-  Peripheral Compenent Interconnect yaitu untuk di desain mengenai beberapa perangkat keras dan teknologi ini adalah suatu bandwidth tinggi yang populer.

5. AGP

-  Accelerated Grapich Port sebuah bus di khususkan sebagai bus pendukung kartu grafis yang kinerjanya tinggi, yang menggantikan bus isa,vesa,atau bus pci yang sebelumnya di pakai.

6. FIRE WIRE

- FIRE WIRE  sebuah merek dagang apple sekaligus nama yang populer untuk standar kabel data antar muka.dan fire wire di klaim sebagai saluran penghantar data yang paling cepat dan stabil diantara saluran lain seperti USB.

7.USB

-  Universial Serial Bus yaitu standar bus serial untuk perangkat penghubung , dan biasanya pada komputer namun juda di gunakan pada peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA.

8.PCI-Express

- PCI-Express yaitu sebua slot ekspensi module, dan didesain untuk menggantikan PCI bus yang lama dan banyak motherboad yang mengadopsi teknologi ini karena teknologi ini mempunyai transfer data yang lebih cepat dan terutama untuk keperluan grafis 3D dan slot ini mempunyai kecepatan 1X,2X,4X,8X,16X dan 32X dan teknologi ini menggunakan sistem serial dan mampu berkomunikasi 2 kali ( tulis/baca ) dalam satu rute clock.
4. Jelaskan teknologi Komputer :

1.         Komputasi awan
2.         Computer Hijau
3.         Komputasi Kuantum
4.         Komputasi Optik
5.         Komputasi DNA
6.         Komputasi pararel
7.         Komputasi Vektor

JAWABAN :

1.Komputasi awan (Cloud Cumputing) : Dapat di artikan sebuah mekanisme yg memungkinkan kita "menyewa" sumber daya teknologi informasi (software, processing power, storage, dan lainnya) melalui internet dan memanfaatkannyasesuai kebutuhan kita dan membayar yang digunakan oleh kita saja tanpa perlu mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya atau memiliki kendali terhadap infrasttuktur yang membantunya.

2.Komputasi Hijau (Green Computing) : Merupakan implementasi penggunaan sumber daya computer secara efisien.sasarannya antara lain adalah untuk mengurangi penggunaan bahan-bahan berbahaya,memaksimalkan efisieni energy selama umur produk,dan meningkatkan daur ulang serta biodegradasi bagi produk gagal dan limbah pabrik.

3. Komputasi Kuantum : merupakan system atau alat hitung yang menerapkan teorema mekanik kuantum,misalnya superposisi dan keterkaitan untuk melakukan oprasi data.dalam komputasi klasik jumlah data di hitung dengan bit sedangkan dalam komputasi kuantum hal ini di lakukan dengan QUBIT.

4.Komputasi Optik : komputasi optik merupakan salah satu teknologi komunikasi antara computer dengan menggunakan cahaya dan serta optic untuk penghantarnya.dalam bahasa teknik di namakan Optic Elektronik.jadi komunikasi antara computer dalam jaringan local maupun internet tidak menggunakan kabel dan arus listrik lagi seperti jaringan konvensional yang masih banyak di pakai sekarang ini. Cahaya jauh lebih cepat di bandingkan listrik,jaringan serta optic yang menggunakan fiber glass setipis rambut bukan kawat tembaga,dapat memindahkan informasi 3.000 kali lebih cepat dibandingkan jaringan konvensional juga bandwith yang besar.meski demikian sinyal optic kini menjadi lemah saat harus dip roses oleh chip silicon. Penanggulangannya yaitu menggunakan chip optic yang dapat beroprasi pada bandwith tinggi sehingga mampu memindahkan film,game dan file multimedia.

5.Komputasi DNA : arus listrik dapat dihasilkan melalui bioteknologi potensial.bioteknologi bermanfaat untuk menumbuhkan kultur bakteri yang mampu menghasilkan arus listrik kecil ketika terkena cahaya. Oleh karena itu teknologi ini dapat di gunakan untuk mempresentasikan sinyal digital on/of dalam dunia computer dan di sebut biochip.secara sederhana sebuah rantai DNA sintetis yang dapat mempresentasikan informasi pada molekuldapat di manipulasi empat asam (adenine,sytosine,guanine,timin)untuk memproses angka dalam jumlah besar dan hal ini bersifat non-digital.

6. Komputasi Pararel : merupakan system komputasi yang di lakukan secara bersama dengan memanfaatkan beberapa computer independen secara bersama-sama.umumnya hal ini dilakukan pada saat kapasitas system komputasi yang di perlukan sangat besar,baik karena harus mengulah data dalam jumlah besar ataupun karena tuntutan proses komputsi yang banyak.untuk melakukan aneka jenis komputsipararel ini di perlukan instruktur mesin parallel yang terdiri dari banyak computer yang di hubungkan dengan jaringan dan maupun bekerja scara pararel untuk menyelesaikan suatu masalah.system ini juga harus di dukung dengan software yang mendukung agar computer dapat bekerja secara pararel.

7. Komputasi Vektor : merupakan system komputasi yang menerapkan teorema vector untuk melakukan pemerosesan data.


5. Jelaskan teknologi port I/O dibawah ini
1.  COM
2.  Pararel
3.  USB
4.   SCSI
5.  Infrared
6.   Serial
7.  HDMI
8. 1394
JAWABAN :
1. COM > Comunication Port sebuah alat yang dapat di gunakan untuk menghubngkan atau mentransfer data secara serial.

2.PARAREL > sebuah teknik melakukan komputer secara bersamaan yang memanfaatkan beberapa komputer independent secara bersamaan dan umumnya di perlukan saat kapasitas yangdi perlukan sangat besar, karena harus mengolah data dalam jumlah besar.

3. USB > Universa Serial Bus yaitu standar bus serial untuk perangkat penghubung biasanya pada komputer namun bisa di pakai juga atau di gunakan juga oleh hp dan lainya.

4. SCSI > Small Computer System Interface sebuah antar muka yang berkinerja tinggi dan didefinisikan oleh panitia ANSI X3T9.2 (American National Standards Institute).antar muka ini untuk digunakan menangani perangkat input/output atau perangkat penyimpanan media. dan perangkat yang umum di gunakan SCSI yaitu HARD DISK, SCANNER, PRINTER dan lainnya.

5. INFRARED > ialah sinar elektromagnet yang panjang gelombangnya lebih dari pada cahaya nampak yaitu di antara 700 nm dan 1 mm. Sinar infra merahmerupakan cahaya yang tidak tampak. Jika dilihat dengan spektroskop cahaya maka radiasi cahaya infra merah akan nampak pada spectrum elektromagnet dengan panjang gelombang di atas panjang gelombang cahaya merah.

6. SERIAL > Komunikasi serial merupakan komunikasi data dengan pengiriman data secara satu per satu dengan menggunakan satu jalur kabel data. Sehingga komunikasi serial hanya menggunakan 2 kabel data yaitu kabel data untuk pengiriman yang disebut transmit dan kabel data untuk penerimaan yang disebut receive.

7. HDMI  > adalah sebuah interface yang membundle input video dan audio sekaligus.Kalo dilihat secara fisik, ia hanya memiliki satu “colokan” yang didalamnya terdapat banyak koneksi.Fungsinya adalah untuk menyampaikan data dari mesin penghasil video atau audio ke media lain yang didesain untuk menerimanya.

8. 1394 > adalah standar koneksi internasional, yakni ‘interface digital’ antara komputer dan barang elektronik rumah tangga digital. Misalnya, teknologi itumembuat memungkinkan transmisi data video, dari kamera video digital ke komputer secara cepat.

          JAWABAN :
1. VGA Card : Merupakan kartu grafis tambahan pada PC yang di pasang pada slot expansi di mainboard,yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital computer untuk di tamplikan ke monitor,biasanya di gunakan apabila user menginginkan tampilan grafis yang lebih baik daripada VGA bawaan mainboard,semisal untuk kebutuhan desain grafis atau games.·


2.Sound Card : Merupakan kartu suara tambahan pada PC yang di pasang pada slot expansi dimana mainboard yang berfungsi merubah sinyal digital dari computer menjadi sinyal suara untuk di keluarkan ke speaker,biasanya di gunakan jika user menginginkan output suara yang lebih baik daripada souncard onboard bawaan mainboard,misalnya untuk kebutuhan soud editing,multimedia dsb,dan tentu saja untuk menghasilkan kualitas suara prima harus di dukung perangkat speaker yang baik pula.


3.Lan Card : Merupakan kartu jaringan tambahan yang di pasang pada slot expansi di mainboard,yang berfungsi untuk port I/O jaringan agar computer dapat berkomunikasi dengan computer lain.dapat di katakana hamper semua mainboard sekarang sudah ter-include port Ethernet sebagai port jaringan,tapi adakalanya user ingin menambahkan lagi port untuk jaringan yang baru,entah Karen port onboard yang lama rusak atau untuk kebutuhan lain, missal PC akan di gunakan sebagai server proxy,router dll.


4.Multimedia Card : Biasanya di singkat MMC, Merupakan jenis kartu memory yang banyak di gunakan sebagai media penyimpanan external/tambahan pada perangkat elektronik seperti kamera digital,handphone PDA dll.


5.TV Card : biasa di sebut TV Tuner Card adalah sebuah perangkat tambahan yang di pasang pada slot expansi di mainboard yang berfungsi untuk memproses sinyal televise agar dapat di olah dan di tampilkan oleh computer ke layar monitor,atau juga bisa di gunakan untuk merekam acara-acara TV untuk kemudian di simpan kedalam Hard disk sehingga user bisa menonton acara tersebut kapan saja mereka mau tanpa terkait untuk siaran di TV.·


6.FM Card : Merupakan kartu tambahan yang dipasang ke slot expansi dimainboard, fungsinya untuk mengolah /atau memproses sinyal-sinyal radio FM agar dapat di baca/di olah oleh computer kemudian dapat di gunakan oleh user dapat mendengarkan radio sambil bermain computer,atau untuk merekam acara-acara radio kedalam hard disk.



7.Game Card : Merupakan kartu tambahan yang di pasngkan pada slot expansi di main board sebagai pendukung perangkat gamers.


8.Modem Card : Merupakan kartu tambahan pada PC yang di gunakan untuk melakukan koneksi dial up ke internet.pada dasarnya kartu modem ini terdiri dari 2 bagian yaitu modulator dan demodulator.modulator berfungsi untuk mengubah sinyol informasi ke bentuk sinyal pembawa (carrier)untuk di kirimkan,sedangkan demodulator,berfungsi sebaliknya,yakni untuk memisahkan sinyal informasi dengan sinyal pembawa yang dating agar sinyal informasi yang di terima dapat di gunakan dan di olah oleh computer.



0 komentar: